Sunday 8 April 2012

Debat, dan Grammar pun Tidak Kau Hiraukan

Pernah ikutan lomba debat? Debat Bahasa Inggris?
Belum pernah? atau pernah? atau sering? sesering apakah Anda mengikuti lomba debat?
Iya, gue pernah ikutan lomba debat, malahan gue "sering" ikutan Debate Competition
Tau rasanya kaya gimana? Nervous pasti, deg-degan udah gak kepikiran lagi, bahkan bolak-balik wc pun sering gue lakukan karna gue sering mules ketika gue dihadapkan pada situasi itu.
Gue ikutan lomba-lomba debat ini ketika gue duduk di bangku SMA, yaaa SMA, hehehehe

Hari itu, gue mesti mempersiapkan argumen dari dua sisi, affirmative dan negative side. Kita belum tau apakah kita berada di negative team ataukah affirmative team, maka dari itu kita mesti mempersiapkan argumen dari sisi negatif dan juga positif. Mosi yang ditawarkan pun beragam, ada 4 mosi, dan masing-masing mosi memang menimbulkan pro kontra.
Debate Competition ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, dan seluruh SMA di Karawang mesti mengirimkan wakilnya untuk maju di ajang ini (alaaah, meuni ajang atuuuh)

kebetulan, tadi gue liat-liat catetan gue yang dulu-dulu, dan adalah si berkas-berkas ini. Gue mencatatat 4 mosi nya pada kertas buram (gak niat banget)



See? betapa gak niat nya gue nulis mosi-mosi ini.
Unfortunately, gue lupa dimana menyimpan catetan gue yang lainnya, yang ketemu cuma ketika gue nulis argumen (positif dan negatif) untuk "pacaran motivate our study" "internet causes moral degradation" dan "television commercial exploit children"
here there are






You know what's funny? There are sooo many grammatical errors there, hahahaha
But lucky me that the adjudicator did not score the grammar, they focused on the content, dan bagaimana cara kita mempertahankan argumen kita, HAHA

Alhamdulilah, pada saat itu, walaupun gue sering melakukan kesalahan grammar, namun speaking gue oke, dan gue mempertahankan argumen juga oke, maka dari itu gue selalu mendapatkan Best Speaker =P
Oia, gue hampir lupa, gue disini jadi second speaker yang tugasnya memberikan evidence dari apa yang telah dibicarakan oleh first speaker. Disini tugas gue sepertinya lebih berat, karena gue juga mesti jadi replied speaker yang tugasnya in the end of our performance, gue mesti meng-conclude semuanya dan juga menjudge bahwa apa yang dibicarakan oleh kompetitor kita itu salah, dan argumen kita lah yang bener hahahaha
Praise the Lord too, kita memenangkan Juara 3 pada Debate Competition yang diadakan Dinas Pendidikan Karawang =P



Yah sepertinya sekian saja, just a brief from me =)
Debat, dan grammar pun tidak kau hiraukan.. it rings right =P

2 comments:

  1. wah, kakak juga pernah ikut lomba debat bahasa inggris toh. Perwakilan dari SMA mana, kak? :)

    Kebetulan aku juga dari Karawang, kak. SMA 1 Telagasari. Dan kebetulan aku juga ditunjuk buat ikut lomba debat bahasa inggris dalam waktu dekat ini di SMANSA. Tapi agak belum pede nih. Kalo bisa tolong share pengalaman yg lainnya selama ikut lomba debat bahasa inggris ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. So sorry for the late reply. Kapan diadainnya?
      Saya sudah jarang aktif d blog nih. It will be my pleasure to share the experiences on this thing.
      U can ask me on twitter @velentina if u want to. And i'll give u my number.
      Sukses yah :)

      Delete